Vagina Gatal Setelah Berhubungan Seksual? Bisa Jadi Ini Penyebabnya




Vagina gatal sesudah berhubungan seks mengakibatkan merasa tidak nyaman Sebagian dari Anda kemungkinan ada yang merintih vagina gatal sesudah lakukan hubungan seks. Walau bisa mengakibatkan merasa tidak nyaman, situasi vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim sebetulnya tidak perlu dicemaskan. Namun, penting untuk ketahui pemicunya hingga Anda dapat memperoleh perlakuan yang pas.

Beberapa pemicu vagina gatal sesudah terkait seksAda beberapa situasi sebagai pemicu vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim. Beberapa salah satunya berbentuk sesaat serta akan hilang sendiri bersamaan dengan berjalannya waktu, tapi ada juga yang membutuhkan perawatan spesial. Berikut beberapa pemicu vagina gatal sesudah berhubungan seksual sedetailnya.

1. Alergi
Cairan pelumas atau pemakaian kondom yang keliru jadi pemicu vagina gatal sesudah bercintaSalah satu pemicu vagina gatal sesudah berhubungan seks ialah alergi. Banyak hal yang beresiko membuat vagina gatal sesudah bercinta ialah cairan lubrikan serta pemakaian kondom memiliki bahan lateks.

Muatan paraben serta sulfat pada kondom atau cairan lubrikan bisa menyebabkan alergi hingga vagina Anda jadi gatal. Oleh karena itu, jangan memakai kondom atau cairan lubrikasi. Seharusnya, Anda pahami dahulu beberapa zat yang terdapat dalam kondom atau cairan lubrikasi serta menentukannya aman untuk badan Anda.

Disamping itu, situasi alergi yang membuat vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim dapat dikarenakan oleh cairan sperma pasangan Anda. Reaksi alergi sperma yang diketahui dengan hipersensitivitas plasma seminalis ini termasuk jarang ada pada tiap wanita.

Tetapi, Anda bisa alami tanda-tanda vagina gatal pertama kalinya berhubungan seks. Bila peluang situasi ini yang Anda rasakan, seharusnya selekasnya tanyakan sama dokter.

2. Iritasi atau terlalu berlebih dalam bersihkan vaginaSah-sah saja jika Anda ingin bersihkan diri sebelum lakukan hubungan seks bersama-sama pasangan.

Tetapi, membasahi serta bersihkan ruang vagina yang peka dengan sabun atau produk pencuci kewanitaan yang memiliki kandungan aroma spesifik sebetulnya tidak dianjurkan. Masalahnya hal itu malah bisa memunculkan bahaya berbentuk iritasi pada vagina.

Bila rutinitas itu dilaksanakan terus-terusan karena itu bisa mengubah organ intim Anda hingga vagina berasa gatal. Untuk menanganinya, Anda dapat hentikan rutinitas memakai produk pencuci kewanitaan.

3. Mempunyai permasalahan kulitBeberapa permasalahan kulit, seperti eksim serta lichen sclerosus (masalah kulit akut yang seringkali menggempur ruang genital serta anus) dapat juga jadi pemicu vagina gatal sesudah berhubungan seks.

Biasanya, rasa gatal itu bisa menggempur ruang vulva (bibir vagina) yang jika digaruk terus-terusan akan membuat bibir vagina jadi merah serta iritasi.

4. Minimnya pelumas waktu penetratif
Situasi vagina kering dapat mengakibatkan rasa gatal sesudah bercintaJika vagina Anda tidak basah dengan optimal atau kering sebelum lakukan penetratif, gesekan yang muncul waktu penetratif bisa membuat vagina gatal, iritasi, serta lecet.

Vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim dapat juga dikarenakan oleh kesibukan seksual yang begitu keras, dilaksanakan dalam periode waktu yang lama, atau hubungan seks memakai kondom yang dilaksanakan lumayan lama tapi cairan pelumasnya menyusut.

Situasi ini bukan permasalahan yang serius, tapi dapat membuat Anda berasa tidak nyaman. Untuk menanganinya, Anda bisa memakai cairan lubrikasi sebelum lakukan hubungan seks.

5. Kandungan pH di ruang vagina tidak setimbangKadar pH vagina yang setimbang ada pada tenggang 3,8 sampai 4,5. Lingkungan asam ini dilindungi oleh bakteri baik yang jaga vagina dari perkembangan bakteri serta ragi beresiko. Saat pH vagina tinggi karena itu bisa tingkatkan efek infeksi vagina hingga memunculkan rasa gatal.

Untuk hindari vagina gatal sesudah berhubungan seks, seharusnya pakai pelumas organik berbasiskan air, yaitu yang pas dengan bermacam-macam alat kontrasepsi, termasuk juga kondom.

6. Infeksi jamur atau bakteri
Vagina gatal dapat juga dikarenakan oleh infeksi vaginaAlasan vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim selanjutnya ialah beberapa tipe infeksi pada vagina, baik yang disebabkan oleh jamur atau bakteri.

Cara Mendaftar Dan Bermain Sabung Ayam Online

Perkembangan kandungan pH vagina mengakibatkan berlangsungnya pengurangan bakteri baik serta kenaikan bakteri jelek hingga beresiko mengakibatkan infeksi. Ditambah jika dibarengi dengan tanda-tanda yang lain, seperti keputihan yang bau menusuk serta rasa ngilu pada vagina.

Meskipun begitu, jangan cemas dahulu, karena belum pasti situasi itu adalah penyakit infeksi menyebar seksual. Masalahnya bisa disebabkan oleh vaginosis bakteri atau ragi yang ada karena pengurangan kandungan pH. 

Namun, bila vagina gatal masih berlangsung setiap saat Anda berhubungan seksual, seharusnya selekasnya konsultasi sama dokter buat memperoleh perlakuan yang pas. Umumnya dokter akan memberi resep beberapa obat, termasuk juga obat penurun ngilu serta obat antijamur.

7. Penyakit infeksi menyebar seksualVagina gatal sesudah berhubungan seks memanglah belum pasti mengisyaratkan Anda terserang penyakit infeksi menyebar seksual.

Tetapi, ada banyak penyakit infeksi menyebar seksual yang pantas Anda cermati sebab diikuti dengan tanda-tanda vagina gatal, seperti trickomoniasis, klamidia, gonorea, herpes genital, atau kutil kelamin. Situasi itu bisa berlangsung karena hubungan seks yang tidak aman.

Jika Anda curigai diri kita terserang penyakit infeksi menyebar seksual, seharusnya jangan sangsi untuk memeriksa diri ke dokter. Dokter akan memberi resep beberapa macam beberapa obat untuk menolong menurunkan tanda-tanda penyakit.

Langkah menangani vagina gatal sesudah terkait intimCara menangani vagina gatal sesudah melakukan hubungan intim sebetulnya bergantung pada pemicunya. Untuk pemicu yang mudah, seperti alergi atau iritasi mudah, bisa ditangani dengan lakukan penyembuhan rumahan seperti berikut:

Jauhi lakukan hubungan seks sampai situasi vagina Anda lebih baik

Jaga ruang kelamin masih pada keadaan kering

Jauhi memakai douche atau produk pencuci vagina

Memakai kondom memiliki bahan nonlateks waktu lakukan hubungan seks

Memakai obat tropis (beri) dari apotek untuk menyembuhkan infeksi jamur mudah

Sedang, vagina gatal yang dikarenakan oleh infeksi jamur serta bakteri atau penyakit infeksi menyebar seksual memerlukan analisis serta penyembuhan yang pas dari dokter. Biasanya, dokter akan memberi resep beberapa macam beberapa obat sesuai dengan pemicu vagina gatal, misalnya: 

Antibiotik oral, tropis, atau suntik

Obat beri atau obat minum kortikosteroid

Salep untuk kutil kelamin

Beberapa obat antivirus

Beberapa obat antijamur

[[artikel-terkait]]

Kapan harus ke dokter? Vagina gatal sesudah berhubungan seks sebetulnya bukan situasi yang penting dicemaskan.

Tetapi, bila penyembuhan rumahan tidak bisa menangani vagina gatal sesudah berhubungan seks atau ada ruam, ngilu, bengkak, dan tanda-tanda yang lain yang memberikan indikasi infeksi penyakit menyebar seksual, seharusnya selekasnya kontrol diri ke dokter.

Dokter kemungkinan lakukan kontrol panggul, khususnya untuk lihat dengan cara langsung situasi vagina Anda memakai alat yang namanya inspekulo. Kontrol ini kemungkinan berasa tidak nyaman, tetapi diperlukan untuk mengecek situasi leher rahim Anda.

Bila dibutuhkan, sedikit jaringan vagina akan diambil serta dibawa ke laboratorium buat ketahui pemicu vagina gatal sesudah berhubungan seks yang Anda rasakan.

Postingan populer dari blog ini

Pastikan Sederet Bahaya Sepatu Hak Tinggi Ini Tak Mengincar Anda

Warna Vagina Dapat Berubah, Seperti Apa Warna yang Normal?