Catcalling, Pelecehan Seksual yang Belum Disadari Banyak Orang





Contoh catcalling yang dirasakan seorang wanita Anda sempat disebutkan ‘cantik' atau ‘seksi' serta semacamnya saat tengah lewat di jalan umum? Bila ya, karena itu Anda sudah alami pelecehan seksual berupa catcalling.

Catcalling ialah tanggapan bersuara seksual yang dilemparkan oleh lelaki ke wanita dalam tempat umum, contohnya jalan raya, pusat belanja, stasiun, dan sebagainya. Perbedaannya dengan pelecehan seksual biasanya ialah lelaki serta wanita tidak sama-sama mengenal hingga sering disebutkan pelecehan asing.

Kecuali beberapa kata bau seksual, cat calling dapat juga berupa siulan, lirikan, kedipan, serta menggenggam ruang badan spesifik. Arah catcalling bukan ingin lakukan pemerkosaan, tetapi semakin pada cari perhatian dari si wanita.

Bentuk-bentuk catcallingBerdasarkan riset yang dilaksanakan oleh Setop Street Harassment, hampir 99 % responden wanita sempat merasai pelecehan di jalanan, termasuk juga catcalling. Pelecehan seksual ini tidak cuma saat wanita dicecar beberapa kata bersuara seksis seperti "kamu cantik" atau "kamu seksi", tetapi beberapa bentuk yang lain, misalnya: 

Menjelaskan beberapa kata seksis yang eksplisit, contohnya payudara atau pantat Anda besar.

Lirikan, yaitu saat lelaki melirik wanita dengan tatapan penuh nafsu.

Bersiul, yaitu saat lelaki keluarkan siulan dari mulutnya serta umumnya diperuntukkan untuk berbuat tidak etis bentuk badan wanita yang dia anggap seksi.

Menunjukkan gerakan vulgar, contohnya menggigit bibir bawah sinyal lelaki itu sedang birahi

Keluarkan suara ciuman pas di muka muka korbannya.

Cara Mendaftar Dan Bermain Sabung Ayam Online

Menguntit atau menghalang-halangi Anda tiba di tujuan.

Menggenggam anggota badan Anda mana saja, dari mulai baju Anda sampai ruang terlarang, seperti paha, payudara, pantat, dan sebagainya.

Cukup banyak wanita yang geram saat jadi korban catcalling. Tetapi, banyak pula pria aktor catcalling yang berkelit jika aksi mereka itu lucu, menggemaskan, serta mempunyai tujuan untuk beri pujian performa fisik sang wanita.

Walau sebenarnya, catcalling malah adalah tindakan tidak terpuji, menjijikan, serta mengejek wanita. Catcalling jadikan wanita untuk objek seksual serta nampak tidak lebih dari pada seonggok daging yang sedang berjalan tanpa ada melihat kesetaraan gender.

Kejadian catcalling seringkali dikaitkan dengan style kenakan pakaian sang wanita yang termasuk terbuka hingga melawan lelaki untuk mengomentarinya. Walau sebenarnya, ada jurnal yang menyebutkan beberapa negara dengan wanita kenakan pakaian tertutup (serta memakai cadar), seperti Mesir serta Lebanon, pun tidak terlepas dari catcalling.

Dalam kata lain, jalinan di antara catcalling dengan stereotype langkah kenakan pakaian wanita cuma dibuat-buat untuk dibuat pembenaran otak kotor dalam diri aktor catcalling itu. Apa saja memiliki bentuk, catcalling harus disetop sebab bisa menyebabkan terusiknya kesehatan mental beberapa wanita yang merasakannya.

[[artikel-terkait]]

Efek catcalling pada wanitaSayangnya, walau beberapa wanita yang tidak nyaman atau serta geram saat alami catcalling, mereka condong tidak menantang. Sebaliknya, yang dilaksanakan oleh wanita hanya hindari peluang berulangnya catcalling, contohnya dengan menggunakan baju yang semakin longgar, mengubah jalur ke arah kantor, atau cuma pura-pura mengacuhkannya.

Walau sebenarnya bila catcalling terus dirasakan oleh wanita itu, kesehatan mentalnya dapat terusik serta menyebabkan timbulnya dampak jelek, contohnya:

Ada perasaan ‘terancam' saat wanita ada dalam tempat umum yang serta beberapa orang di sekelilingnya.

Pengurangan harga diri yang nampak dari langkah kenakan pakaian, air muka, serta emosi yang dipertunjukkan di muka umum

Terus-terusan mendapatkan catcalling dapat menyebabkan wanita terima jika dianya hanya objek, bukan wanita yang memiliki hak bernada atas kemauannya sendiri.

Wanita semakin berasa tidak aman ada di jalan serta makin paranoid.

Dampak jelek itu akan makin berasa saat Anda berasa tidak nyaman dengan catcalling, tetapi bersandiwara tidak ada apa-apa. Bila Anda terus menghindar dari permasalahan, karena itu dampak jelek catcalling akan makin menghantui hingga membuat Anda terus-terusan mempersalahkan diri kita atas kekeliruan yang dilaksanakan oleh seseorang.

Sebaliknya, dampak jelek pada psikologis wanita itu dapat diminimalkan saat wanita meremehkan catcalling yang dilaksanakan oleh lelaki tidak diketahui. Lebih baik lagi bila wanita itu ingin ‘melawan' aktor catcalling supaya dia tidak lakukan hal sama pada Anda atau wanita yang lain.

Postingan populer dari blog ini

Vagina Gatal Setelah Berhubungan Seksual? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Pastikan Sederet Bahaya Sepatu Hak Tinggi Ini Tak Mengincar Anda

Warna Vagina Dapat Berubah, Seperti Apa Warna yang Normal?